Pengertian Desain yaitu sebagai suatu kerangka atau terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya dalam suatu seni. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari ordersekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan dari sumber kepada penerima yang berguna untuk memberikan pengetahuan akan sesuatu hal bagi sang penerima Informasi. Dari kedua pengertian diatas desain dan informasi maka dapat disimpulkan bahwa desain informasi yaitu suatu seni desain yang menggambarkan kerangka suatu informasi dalam menyampaikan suatu masalah kepada pihak lain agar informasi yang disampaikan terlihat menarik dan lebih mudah dimengerti bagi siapa saja yang membaca inormasi tersebut.Desain memainkan peranan penting dalam efektif komunikasi informasi. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dalam cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai informasi desain. Desain informasi meliputi desain strategi yang diarahkan untuk sosialisasi informasi yang tepat untuk akhir tertentu.
Berfokus pada presisi Banyak desain harus menyertakan informasi umum yang kurang presisi, yang dapat menyebabkan ambiguitas. Desain informasi bertujuan untuk berkomunikasi spesifik dan rinci. Pesan, seperti bagaimana merakit flat-pack furniture, persyaratan dosis untuk obat obatan, tanggal, waktu dan lokasi kejadian, bagaimana untuk menginstal perangkat lunak komputer, atau keseimbangan untuk membayar pada kartu kredit. Desain kondisi ini melayani untuk menarik perhatian ke informasi kunci sehingga adalah desain informasi ini bersifat tegas.
Sebuah desain faktur dapat menampilkan ukuran teks yang berbeda untuk mendirikan sebuah hirarki yang jelas menyajikan total Angka, atau mengatur teks terhadap warna yang berbeda latar belakang, yang membedakan antara pembayaran jatuh tempo dan pembayaran diterima. Penggunaan diagram dapat sering berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata, yang mengapa instruksi perakitan biasanya termasuk gambar atau ilustrasi. Ini juga merupakan alasan mengapa banyak utilitas tagihan sekarang termasuk grafik konsumsi, memungkinkan konsumen untuk melihat bagaimana tingkat perubahan konsumsi mereka dari bulan ke bulan.
Desain Informasi memainkan peranan penting dalam efektif komunikasi informasi. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dalam cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai informasi desain. Desain informasi meliputi desain strategi yang diarahkan untuk sosialisasi informasi yang tepat untuk hasil akhir yang akurat.
Macam- macam symbol di dalam Desain Informasi :
Ikon
Grafik elemen yang mewakili sesuatu yang lain dengan mengurangi sesuatu dengan karakteristik yang sederhana dan langsung diakui.
logo
Sebuah simbol grafis yang dirancang untuk mewakili karakter perusahaan, produk, layanan atau badan lainnya, seperti gambar bangau yang merupakan logo brand dari salah satu merek kecap manis yaitu kecap bangau.
logotype
Logo tipe berfungsi dengan benar mengidentifikasi organisasi yang mereka lihat - logo juga merinci nama perusahaan. Karakter digunakan dan ditata sedemikian rupa untuk memberikan indikasi kekuatan perusahaan atau budaya
Pada
kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara bagaimana suatu objek atau
bidang, gambar maupun photo dapat dimanipulasi menggunakan suatu aplikasi
(software) yang digunakan dalam bidang gambar atau desian grafis, untuk kali
ini saya akan menjelaskan beberapa cara bagaimana memanipulasi suatu photo
dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop.
Sebelum memulai penjelasan, ada
baiknya kita ketahui dahulu, apasih Photoshop itu ?
"Adobe Photoshop,
atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan
Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotograferdigital
dan perusahaan iklan
sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak
pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe
Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh
Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS
(Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh
disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 ,
versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir
(ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6. Photoshop tersedia untuk Microsoft
Windows, Mac OS X, dan Mac OS;
versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux
dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver." Untuk menjalankan software ini minimal suatu
komputer harus memiliki beberapa spesifikasi-spisifikasi seperti berikut
diantaranya yaitu :
1.Prosessor Kelas Intel Pentium III atau Pentium IV
2. Sistem operasi Microsoft
Windows 2000 dengan Service Pack 3 atau
Windows XP
3. 192 MB memori atau
direkomendasikan 256 MB
4. 280 MB atau lebih kapasitas
ruang hardisk kosong
5. Monitor dengan VGA Card 16 bit
atau lebih
6. Resolusi Monitor 1024 x 768
atau lebih
7. CD ROM Drive (minimal untuk
proses instalasi)
8. Internet atau koneksi telepon untuk aktivasi Phtoshop CS
Pada kesempatan kali ini saya
akan memanfaatkan aplikasi ini untuk memanipuliasi foto dan gambar saya,
misalnya yaitu saya seolah-olah sedang
berada di sirkuit sedang melakukan balapan dengan para pembalap favorit saya.
Untuk memanipulasi foto tersebut
kita membutuhkan 2 foto yang ingin kita manipulasi, satu dari foto tersebut
adalah foto kita yang ingin kita manipulasikan ke foto ke 2 sebagai tujuan
pengeditan ini.
Foto 1 Foto Tujuan
Foto 2. Foto yang akan di gabungkan ke- foto 1
Apabila kita sudah
sudah menentukan pilihan file foto yang ingin kita satukan, buka kedua foto ini
pada aplikasi photoshop.(file-open-pilih file)
setelah itu, pilih yang
terdapat pada kotak tools photoshop untuk memilih gambar foto 2 yang akan
dimasukan ke foto 1, lalu dengan move tool kita tarik ke jendela foto 2,
Setelah foto 2 dipindahkan
ke jendela foto 1, pilih magic wand tool, tool ini berguna untuk memilih bagian
yang dasar warnanya serupa, dan akan otomatis me-nyelect bagian yang serupa
itu. latar merah yang kita pilih lalu kita hapus. jangan lupa set angka
tolerance pada bagian tolerance menjadi 30, atau bisa seperlunya sesuai yang
luas yg kita butuhkkan.
Kemudian setelah bagian
background pada layer 1 (foto 2) hapus
semua dan sisakan bagian orang dan sepeda motornya dari foto 2 dengan
menggunakan erase tools (tool untuk menghapus) secara cermat dan detail.
Selanjutnya
pengaturan pada Color Balance yaitu untuk menentukan pengaturan warna pada
gambar dengan berbagai warna agar terlihat serupa dengan yang asli dan terlihat
lebih menarik pada tampilan gambarnya.
Manipulasi fotopun selesai yaitu dengan menggabungkan foto 1
dan foto 2 menjadi satu foto dengan pengeditan software photoshop.
Muhammad Adri, MT(
Photoshop Basic - Teknologi Multimedia )
Senin, 15 Oktober 2012
Pengertian dan Sejarah
Perkembangan Desain Grafis
Assalamualiakum, dan salam
sejahtera buat semuanya, terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah mengunjungi blog saya
ini, untuk artikel saat ini, saya akan membahas tentang Pengenalan Desain
Grafis yang terdiri dari pembahasan tentang Pengertian Desain Grafis kemudian
dilanjutkan dengan Histori/Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis.
Apa
Itu Desain Grafis ?
Desain Grafis berasal dari 2
buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti merupakan suatu proses perancangan
, langkah-langkah atau perbuatan. Dengan
tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan objek yang akan nyata dibuat.
Contoh : Ketika suatu
bangunan akan dibangun atau didirikan pastilah di buat suatu rancangan atau
pendiskripsian dari objek bangunan yang akan dibangun tersebut (sketsa gambar)
nah sketsa gambar itu merupakan sebagian kecil contoh dari suatu desain grafis.
Sedangkan Grafis adalah
titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan
demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara
kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran
khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini,
sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam
bidang gambar. Kemudian merujuk dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia
bebas, Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain
grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang
dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan
keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi ilustrasi,
fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak..
Sejarah dan Perkembangan
Desain Grafis.
Di
era sekarang ini design grafis sudah sangat popular dan bahkan hampir setiap kegiatan
kita berhubungan dengan design grafis. Banyak tercipta para designer-designer
grafis muda yang professional, karena pada dasarnya kunci utama design grafis
adalah mempunyai banyak ide. Tapi tahukah anda sejarah awal mula design grafis?
Dan tentunya kita perlu mempelajari perkembangan dan sejarah design grafis.
Untuk itu pada kesempatan kali ini, awalmula.com akan mengutip sedikit
perjalanan atau perkembangan dan sejarah design grafis dari tahun ke tahun
hingga sampai saat ini, untuk menambah wawasan kita terutama dalam dunia design
grafis. Seperti yang kita ketahui, kunci utama dalam design grafis adalah
mempunyai banyak ide dan mampu menguasai beberapa software-software design
grafis seperti desktop publishing, webdesign, audiovisual dan rendering 3
Dimensi.
Pelacakan
perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia
dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar
(pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena
gambar dianggap lebih
bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora,
fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar,
bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum
ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai
media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding
gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di
dinding gua Lascaux, Perancis.
Lambang/ aksara
sebagai alat komunikasi diawali oleh bangsa Punesia (+ 1000 tahun SM), yang
saat itu menggunakan bentuk 22 huruf. Kemudian disempurnakan oleh bangsa Yunani
(+ 400 tahun SM) antara lain dengan mengubah 5 huruf menjadi huruf hidup.
Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani,
membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya
kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani.
Pada awalnya bangsa Romawi menetapkan alfabet dari Yunani tersebut
menjadi 21 huruf : A,
B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf
Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal
dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad
pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26. Ketika
perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku
menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum
ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan.
Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna
memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat
serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf
Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal
dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena
ketipis-tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan
keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat dituliskan
dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku.
Era
Cetak.
Desain
grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia
saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg
(1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model
tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk
menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan
produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari
ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa. Tahun 1450 Guterberg
bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter
Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin
Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan
Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman
terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi).
Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya
antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.
Pada perkembangan
berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi.
Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan tehnik cetak tinggi,
teknik cetak lithografi menggunakan tehnik cetak datar yang memanfaatkan
prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari
master cetak yang menggunakan media batu litho. Tehnik ini memungkinkan untuk
melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran
besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini
mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut
sebagai “The Golden Age of The Poster”. Tokoh-tokoh seni poster tehnik
lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado:
Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina
Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain
Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
Batasan Media Design
Grafis.
Desain grafis pada
awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi
sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan Unsur
Design.
Unsur dalam desain
grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur
tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”)
dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek structural komposisi yang lebih
luas.
BMI
atau Body Mass Indeks yaitu suatu apikasi yang berguna untuk menghitung indeks
berat dan tinggi badan seseorang. Jadi apabila seseorang ingin mengukur massa
badannya secara perhitungan yang akurat apakah badan mereka ideal, kurus, atau
gemuk bisa mencoba aplikasi ini. Cara kerja apalikasi ini yaitu dengan menerima
inputan data tinggi dan berat badan seseorang, setelah itu program akan
memproses inputan yang sudah diterima dan selanjutnya program pun akan
menampilkan output.
Contoh tampilan aplikasi :
Berdasarkan
Output yang ditampilkan dapat disimpulkan bahwa. Kondisi ini Ideal yaitu dengan
berat badan 154 lbs atau setara dengan 70 kilogram dan tinggi badan 70 inch
atau setara dengan 170 cm, ini merupakan kondisi ideal dari tinggi dan berat
tubuh manusia, artinya dalam kondisi ini seseorang itu baik-baik saja atau
sehat, dan alangkah baiknya kalau kondisi tubuh seperti ini dapat di
pertahankan. Untuk anda yang tertarik dengan aplikasi ini, silahkan anda dapat
mendownloadnya di
http://www.mediafire.com/?kbdsifqfjmuj800
Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi anda.
Dan
saya ucapkan Terima Kasih karena telah berkunjung ke blog saya.
Cloud Computing merupakkan suatu
kemajuan dari teknologi computer yang berhubungan
dengan teknologi Internet beserta servernya yang menggunakan remote server internet dan pusatnya untuk memelihara dan menyimpan data dan aplikasi atau berkas pribadi maupun segolongan kelompok dalam suatu database. Cloud computing
yaitu juga merupakkan suatu pelayanan yang memungkinkan
konsumen dan bisnisnyadapat untuk menggunakan aplikasi tanpa menginstalasinya dan mengakses
file pribadi mereka di setiap komputer dengan yang
terhubung dengan akses internet.Teknologi internet ini memungkinkan komputasi yang
jauh menjadi lebih efisien dalam pentransferan data dengan memusatkan, memori, pengolahan
penyimpanan, dan bandwidthsebagai contoh sederhana dari komputasi awan yaitu seperti email Yahoo, Gmail, atau Hotmail dll Anda
tidak membutuhkan software atau server
untuk menggunakannya. Semua konsumen hanya
membutuhkan koneksi akses internet dan
Anda dapat mulai mengirim email dengan layanan
yahoo, google atau yang lainnya. Server dan perangkat lunak manajemen
email adalah semua yang di atas awan
(internet) dan benar-benar dikelola oleh penyedia layanan awan Ya, Google, Yahoo dll konsumen bisa menggunakan perangkat
lunak sendirian dan menikmati manfaatnya.Pengertian ini seperti , ' Jika Anda
membutuhkan susu, Anda akan membeli sapi? " Semua pengguna atau konsumen yang membutuhkan susu secara otomatis akan
membutuhkan anda karena anda yang mempunyai sapinya,untuk mendapatkan manfaatnya, dan sebagai perangkat lunakatau
perangkat keras komputer lainnya seperti untuk mengirim
email dll pasti membutuhkan software pencari layaknya google atau yahoo sebagai penyedia layanan dan
diibaratkan seperti sapi, dan manfaat dari google itu seperti susunya.
Awan komputasi dipecah menjadi tiga segmen yaitu :
"Aplikasi", "Penyimpanan", dan
"Konektivitas" Setiap segmen memiliki tujuan yang berbeda-beda dan menawarkan
produk yang berbeda pula untuk bisnis dan individu di seluruh
dunia. Komputasi awan adalah
suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas,
dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan
kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum yang dapat diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan diserver. Komputasi awan saat ini merupakan trend
teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud
Computing ini adalah iCloud.
Kesimpulan…!
Jadi seperti pengertian diatas yang telah di jelaskan
yaitu mengenai cloud computing atau komputer awan yaitu merupakkan suatu
kemajuan teknologi Informasi dan komunikasi pada computer dengan memanfaatkan
teknologi internet yang memudahkan konsumen untuk menikmati layannan Internet
tanpa harus repot-repot menginstal aplikasi sebagai alat untuk berfantasi
didunia maya tersebut, konsumen dengan mudah dapat mengakses datanya yang telah
tersedia diserver. Sebagai contoh dari Cloud Computing yaitu Google Apps yang
menyediakan aplikasi bisnis dan dapat diakses melalui suatu penjelajahan web
dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Dan Perkembangan dari
Komputasi awan ini menjadi tren teknologi baru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud
Computing ini adalah iCloud.
Sejarah dari adanya intenet
dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan
Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada
1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain
sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson
berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk
ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan
komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan
Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal
bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di
Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah
tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan
Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun
1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video
link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin
hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh
semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP
dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa
muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan
jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.
Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer
yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita
kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan
jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer
yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari
Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali
melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini
membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh
menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Pengertian
INTERNET
Internet adalah singkatan dari
Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antar jaringan
komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem
komunikasi data antar komputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering
kita temukan misalnya LAN (Local Area Network) yang menghubungkan
komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu seperti
kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.
Gambaran sederhananya seperti ini:
beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan
komputer (network). Nah, bila sejumlah network (jaringan komputer) kemudian
digabung dan dihubung-hubungkan lagi maka jadilah Internet.
Jadi pengertian internet secara umum
(menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan
bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus
(inilah yang sering terpakai dan yang dimaksud dalam pembahasan ini) adalah
suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan
komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, Internet adalah jaringan
komputer global sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.
Untuk mendapatkan akses internet,
sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau
Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kita bisa
mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer kita dengan
komputer servernya. Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna dengan komputer
server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon
(dial-up) dengan menggunakan peralatan modem. Lewat komputer server yang
dimiliki oleh ISP itulah kita bisa terhubung dengan jaringan komputer sedunia
(internet).
Pentingnya Internet
Untuk Kita……
Lima
Belas tahun yang lalu Anda mungkin tidak mengenal dan membutuhkan teknologi
Internet. Tetapi Sekarang, seiring dengan perkembangan dunia pendidikan,
bisnis, informasi, dan lain sebagainya, penguasaan Internet adalah suatu
kewajiban. Pesaing-pesaing Anda dalam berbisnis maupun bekerja sudah
menggunakan teknologi internet untuk meningkatkan kualitas pekerjaan dan bisnis
yang dilakukannya. Beberapa Perusahaan/ pribadi bahkan sudah menggunakan situs
Internet sebagai sarana utama untuk memperkenalkan produknya.
Hampir
semua perusahaan besar sudah mengkoneksikan komputernya dengan jaringan
Internet, begitu pula beberapa Instansi pemerintah pun sudah mulai memakainya.
Sekarang tinggal bagaimana sumber daya manusia yang memadai bisa memanfaatkan
fasilitas ini. Terkadang untuk belajar dari awal sangatlah tidak menyenagkan.
Tetapi dengan adanya keinginan untuk maju, niscaya Anda pun bisa. Hari ini
sepuluh orang di kantor Anda tidak bisa menggunakan Internet, mungkin besok
hanya Anda yang tidak bisa menggunakannya.
Internet
Dibidang Pendidikan……..
3. Komputer, Internet untuk Pendidikan
Pemanfaatan
Internet, dalam dunia pendidikan, dapat digunakan pihak siswa dan guru untuk
dua hal:
Pertama,
pemakaian internet untuk kepentingan administrasi dan manajemen pendidikan, di
tiap sekolah, dan secara nasional. Manajemen data pendidikan bisa dilakukan
secara berangkai, terhubung dalam satu sistem komunikasi dua arah, mulai dari
kantor Departemen Pendidikan, dinas propinsi, kabupaten kota, sampai ke
masing-masing sekolah, dan sebaliknya. Dengan begitu, administrasi pendidikan
yang mencakup lalulintas informasi pendidikan bisa dilaksanakan dengan mudah,
lancar, cepat, dan lebih murah.
Kedua,
penggunaan internet untuk ( alat pembelajaran) dan atau sumber belajar. Negara
kita termasuk yang tertinggal dalam Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran.
Bahkan, kita terbelakang dalam Pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan
pemakaian komputer non internet, sekalipun. Padahal, komputer telah cukup lama
dan cukup banyak tersebar di sekolah, dan di tengah masyarakat. Di berbagai
kota kecamatan, sudah sangat banyak ditemukan toko, (usaha) sewa komputer.
Semua perangkat teknologinya sudah tersedia, namun kita lemah dalam
Pemanfaatan.
Kata ‘pendidikan’, biasanya, diasosiasikan dengan orang dewasa, yaitu: tenaga
kependidikan dan guru. Sementara, kata ‘belajar‘ dikaitkan dengan siswa.
Mendidik adalah usaha sadar yang semestinya dilakukan oleh orang yang telah
terdidik kepada anak didik.
Agar pendidikan atau pembelajaran efektif; sebaiknya, siswa juga melakukan
pembelajaran secara sadar. Anak muda diharapkan mau mempelajari apa-apa yang
bernilai pendidikan. Namun pada kenyataannya, anak muda biasanya hanya akan
mempelajari apa yang disukainya saja. Yang kurang disukainya tidak akan mereka
pelajari, betapapun pentingnya objek itu menurut pandangan orang terdidik. Hal
yang positif dari produk teknologi, adalah, siswa menyukainya. Siswa dengan
mudah mengenal dan mengoperasikan peralatan teknologi. Tugas guru menjadi
terbantu, karena mereka cukup memberikan arahan dari segi content, isi situs
pendidikan saja.
Kesimpulan………!!!!!!
Jadi Internetdapat
digunakan untuk berbagai bidang, seputar
kehidupan sehari-hari kita, disamping dibidang pendidikan Internet juga
mempunyai kelibihan-kelebihan yang lain di bidang kesehatan, pertahanan,
komunikasi, pekerjaan dan lain sebagainya jadi pada dasarnya Internet
merupakkan suatu hal yang merubah gaya hidup (lifestyle) yang sebelumnya tidak
seperti ini sebelum adanya Internet. Contoh
nyata dari kebutuhan manusia dalam menggunakkan teknologi Internet adalah sebagai berikut :
€ Pelajar
Atau Mahasiswa,
Sekarang pelajar dan
mahasiswa tidak hanya menggunakkan buku
sebagai tinjauan pustakanya dalam membuat suatu tugas. Dengan bantuan
Internet cukup dengan memasukkan kata kunci pada kotak search engine di Yahoo atau Google, maka bahan atau materi yang dicari tinggal anda salin atau
terjemahkan.
€
Perusahaan, semua perusahaan besar
memiliki situs internet sebagai sarana untuk memperkenalkan produk-produknya.
Dan hal ini merupakan suatu ajang promosi yang murah dan sangat efektif dalam
usaha menjual produk mereka.
€ Pencari
Kerja, banyak
situs yang menawarkan lowongan kerja di dalam Internet. Contohnya, situs iklan.com, iklanmini.com,
lowongankerja.com, dan lain-lain.
€ Musisi atau
Pemusik, Banyak
situs yang menjual lagu-lagu yang sulit di dapatkan di Indonesia. Penjualan
dengan system download memudakan para musisi untuk mendapatkan lagu
yang mereka inginkan, lebih cepat dari pada harus menunggu dirilis di
Indonesia.
€ Komunitas
hobi,
hobi anda bisa lebih tersalurkan dengan membentuk suatu forum diskusi mengenai
hobi yang digemari. Contohnya komunitas Penggemar ikan, Anda bisa memasuki
banyak situs komunitas ini melalui Friendster.com,
Yahoo Messengger, Facebook ataupun
mIRC. Didalam situs-situs tersebut
anda bisa berkomunikasi mengenai hobi yang sama tanpa harus bertatap muka
dengan yang bersangkutan.
Manusia dan kegelisahan, kegelisahan merupakan suatu
perasaan yang ada dan selalu timbul di dalam diri setiap manusia entah kenapa
kegelisahan itu selalu muncul, mungkin karena perasaan takut manusia itu
sendiri yang akan menghadapi masa yang kiranya tidak mengenakkan untuk akan
dialami misalnya saja yaitu ketika suatu pelajar SMA yang sangat gelisah,gundah
gulana karena sedang menanti akan
nasibnya apakah ia lulus atau tidak, nah oleh arena itu saya menyimpulkan bahwa
kegelisahan itu merupakan perasaan takut untuk menghadapi masa yang menyulitkan
pada siri setiap manusia.
Jadi pada dasarnya kegelisahan akan membuat manusia
menjadi menderita tanpa disadari oleh manusia itu sendiri, dan kita sebagai
manusia yang baik serta berakal budi baik marialah kita latih diri kita untuk
lebih percaya pada kemmampuan kita agar kita lebih percaya diri menghadapi
tantangan hidup yang semakinlama
semakin berat. Kita hidup di dunia ini haruslah mempunyai rasa percaya diri
yang tinggi agar kita tidak dipermainkan oleh diri sendiri akan rasa takut dan
orang lain yang ingin membuat kita jatuh.
Marilah kita selalu
tunduk dan berdoa kepada Allah Swt, agar kita selalu diberi kelamatan dan
hidayah serta berkah yang melimpah agar kita dapat hidup damai tenang dan
sejahtera didunia ini dan semoga kita menjadi orang yang beriman dan berakal
budi yang baik. Dan kesimpulannya adalah marilah kita hidup didunia ini dengan
rasa percaya diri yang tinggi dan keberanian yang kuat sehingga mampu untuk
melawan rasa kegelisahan yang ada dan agar kita dapat Hidup Bahagia di dunia
ini, Amin.