Pages

Subscribe:

Pengikut

Senin, 11 Februari 2013

Tutorial Membuat Objek Dengan Blender


Pada Tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat senjata api dengan menggunakan software blender, pertama-tama buka dulu softwarenya, dan pada project blender kali ini saya menggunakan dua objek yaitu kubus dan silinder kemudian seting viewnya ke arah depan pada tampilan pertama yaitu tampilan kubus seperti gambar diatas.

Selanjutnya yaitu membuat bagan dari senjata api yang ingin dibuat yaitu terdiri dari tiga balok dua balok menyusun secara bertindih, balok selanjutnya yaitu ditarik untuk diperpanjang menyerupai bagan pistol, yaitu dengan cara klik objek yang mau di extrude  selanjutnya tarik keatas sejalan dengan sumbu y, pada balok berikutnya pun sama tingal diklik kemudian extrude bagian baloknya sejalan dengan sumbu x.
Selanjutnya yaitu membuat balok lagi untuk bagian belakang dari pistolnya seperti pada tampilan diatas yaitu dengan cara klik bagian balok yang akan di extrude tekan e selanjutnya tarik searah sumbu x, dan jika ingin mengextrude ke bawah maka searah sumbu z
Pada tahap ini di tambahkan objek kubus yang dipanjangkan serta di pipihkan (tipiskan) yaitu dengan cara klik Add pada menubar Add, selanjutnya pilih mesh, dan pilih kubus, kemudian letakkan kubusnya diatas objek yang telah dibuat sebelumnya untuk menipiskannya dengan cara klik kanan bagian yang akan ditipiskan lalu tekan serah  sumbu z kebawah, jka ingin memanjangkannya sama seperti sebelumnya tetapi searah sumbu x
Sama seperti cara sebelumnya yaitu menambahkan obje kbalok dan disusun berdasarkan objek yang ingin  dibuat

Pada tahap selanjutnya yaitu tambahkan objk silinder yaitu dengan cara klik Add pada menubar, selanjutnya klik mesh, pilih dan klk cylinder dan posisikan silinder tersebut pada pusat dari objek yang telah di buat seperti pda gambar diatas
Selanjutnya putar silinder tersebut sehingga seperti nampak pada tampilan diatas yaitu dengan cara rotation yaitu dengan menekan tombol keyboard r dan dan putar lurus searah sumbu x
Kemudian panjangkan dan buat kecil atau pipihkan silinder tersebut sehinga seperti tampilan diatas  dengan cara klik bagian depan silinder tersebut lalu tarik kedepan sejajar sumbu x,dan kecilkan bagan depannya menggunakan rotation
Selanjutnya membuat pegangan pistolnya yaitu menggunakan objek cilinder, kemudian dihaluskan bagian bawahnya yaitu dengan cara extrude, dan lonjongkan dan bagian atas ditarik agar terlihat lebih kecil dengan rotation.
Setelah pegangan pistol tadi selesai dibuat tarik pegangannya tersebut sehingga berada dibawah dan posisikan seperti pada gambar diatas
Selanjutnya membuat pelatuknya yaitu dengan cara mengextrude pada objek yang sudah ada sebelumnya yang telah digaris juga dengan menggunakan ctrl+r  posisikan garis pemotong itu berada di tengan sehingga apabila di extrude membentuk kubus baru yang tipis lakukan langkah tersebut seterusnya hinga menjadi sebuah pelatuk pistol
Selanjutnya membuat hiasan bulat pada bagian belakang pistol ini yaitu dengan cara tambahkan objek cilinder kemudian posisikan pada bagian belakang dari pistol ini kemudian kecilkan ukurannya.






Jumat, 30 November 2012

Desain Informasi

Pengertian Desain yaitu sebagai suatu kerangka atau terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya dalam suatu seni. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari ordersekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan dari sumber kepada penerima yang berguna untuk memberikan pengetahuan akan sesuatu hal bagi sang penerima Informasi. Dari kedua pengertian diatas desain dan informasi maka dapat disimpulkan bahwa desain informasi yaitu suatu seni desain yang menggambarkan kerangka suatu informasi dalam menyampaikan suatu masalah kepada pihak lain agar informasi yang disampaikan terlihat menarik dan lebih mudah dimengerti bagi siapa saja yang membaca inormasi tersebut.Desain memainkan peranan penting dalam efektif komunikasi informasi. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dalam cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai informasi desain. Desain informasi meliputi desain strategi yang diarahkan untuk sosialisasi informasi yang tepat untuk akhir tertentu.


Berfokus pada presisi Banyak desain harus menyertakan informasi umum yang kurang presisi, yang dapat menyebabkan ambiguitas. Desain informasi bertujuan untuk berkomunikasi spesifik dan rinci. Pesan, seperti bagaimana merakit flat-pack furniture, persyaratan dosis untuk obat obatan, tanggal, waktu dan lokasi kejadian, bagaimana untuk menginstal perangkat lunak komputer, atau keseimbangan untuk membayar pada kartu kredit. Desain kondisi ini melayani untuk menarik perhatian ke informasi kunci sehingga adalah desain informasi ini bersifat  tegas.

Sebuah desain faktur dapat menampilkan ukuran teks yang berbeda untuk mendirikan sebuah hirarki yang jelas menyajikan total Angka, atau mengatur teks terhadap warna yang berbeda latar belakang, yang membedakan antara pembayaran jatuh tempo dan pembayaran diterima. Penggunaan diagram dapat sering berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata, yang mengapa instruksi perakitan biasanya termasuk gambar atau ilustrasi. Ini juga merupakan alasan mengapa banyak utilitas tagihan sekarang termasuk grafik konsumsi, memungkinkan konsumen untuk melihat bagaimana tingkat perubahan konsumsi mereka dari bulan ke bulan.

Desain Informasi memainkan peranan penting dalam efektif komunikasi informasi. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dalam cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai informasi desain. Desain informasi meliputi desain strategi yang diarahkan untuk sosialisasi informasi yang tepat untuk hasil akhir yang akurat.

Macam- macam symbol di dalam Desain Informasi :

Ikon

Grafik elemen yang mewakili sesuatu yang lain dengan mengurangi sesuatu dengan karakteristik yang sederhana dan langsung diakui.

logo

Sebuah simbol grafis yang dirancang untuk mewakili karakter perusahaan, produk, layanan atau badan lainnya, seperti gambar bangau yang merupakan logo brand dari salah satu merek kecap manis yaitu kecap bangau.

logotype

Logo tipe berfungsi dengan benar mengidentifikasi organisasi yang mereka lihat - logo juga merinci nama perusahaan. Karakter digunakan dan ditata sedemikian rupa untuk memberikan indikasi kekuatan perusahaan atau budaya

Referensi :

Wikipedia
Fundamental of Graphics Design



Rabu, 21 November 2012

Tutorial Adobe Photoshop Untuk Memanipulasi Photo

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara bagaimana suatu objek atau bidang, gambar maupun photo dapat dimanipulasi menggunakan suatu aplikasi (software) yang digunakan dalam bidang gambar atau desian grafis, untuk kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara bagaimana memanipulasi suatu photo dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop.
Sebelum memulai penjelasan, ada baiknya kita ketahui dahulu, apasih Photoshop itu ?
"Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver."  Untuk menjalankan software ini minimal suatu komputer harus memiliki beberapa spesifikasi-spisifikasi seperti berikut diantaranya yaitu :
1. Prosessor Kelas Intel Pentium III atau Pentium IV
2. Sistem operasi Microsoft Windows 2000 dengan Service Pack 3 atau
    Windows XP
3. 192 MB memori atau direkomendasikan 256 MB
4. 280 MB atau lebih kapasitas ruang hardisk kosong
5. Monitor dengan VGA Card 16 bit atau lebih
6. Resolusi Monitor 1024 x 768 atau lebih
7. CD ROM Drive (minimal untuk proses instalasi)
8. Internet atau koneksi telepon untuk aktivasi Phtoshop CS

Pada kesempatan kali ini saya akan memanfaatkan aplikasi ini untuk memanipuliasi foto dan gambar saya, misalnya yaitu  saya seolah-olah sedang berada di sirkuit sedang melakukan balapan dengan para pembalap favorit saya.
Untuk memanipulasi foto tersebut kita membutuhkan 2 foto yang ingin kita manipulasi, satu dari foto tersebut adalah foto kita yang ingin kita manipulasikan ke foto ke 2 sebagai tujuan pengeditan ini.



Foto 1 Foto Tujuan
Foto 2. Foto yang akan di gabungkan ke- foto 1
Apabila kita sudah sudah menentukan pilihan file foto yang ingin kita satukan, buka kedua foto ini pada aplikasi photoshop.(file-open-pilih file)
setelah itu, pilih yang terdapat pada kotak tools photoshop untuk memilih gambar foto 2 yang akan dimasukan ke foto 1, lalu dengan move tool kita tarik ke jendela foto 2,
Setelah foto 2 dipindahkan ke jendela foto 1, pilih magic wand tool, tool ini berguna untuk memilih bagian yang dasar warnanya serupa, dan akan otomatis me-nyelect bagian yang serupa itu. latar merah yang kita pilih lalu kita hapus. jangan lupa set angka tolerance pada bagian tolerance menjadi 30, atau bisa seperlunya sesuai yang luas yg kita butuhkkan.
Kemudian setelah bagian background  pada layer 1 (foto 2) hapus semua dan sisakan bagian orang dan sepeda motornya dari foto 2 dengan menggunakan erase tools (tool untuk menghapus) secara cermat dan detail.
Selanjutnya pengaturan pada Color Balance yaitu untuk menentukan pengaturan warna pada gambar dengan berbagai warna agar terlihat serupa dengan yang asli dan terlihat lebih menarik pada tampilan gambarnya.

Manipulasi fotopun selesai yaitu dengan menggabungkan foto 1 dan foto 2 menjadi satu foto dengan pengeditan software photoshop.

Referensi :
Muhammad Adri, MT( Photoshop Basic - Teknologi Multimedia )

Senin, 15 Oktober 2012

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Desain Grafis


Assalamualiakum, dan salam sejahtera buat semuanya, terima kasih yang sebesar-besarnya karena sudah mengunjungi blog saya ini, untuk artikel saat ini, saya akan membahas tentang Pengenalan Desain Grafis yang terdiri dari pembahasan tentang Pengertian Desain Grafis kemudian dilanjutkan dengan Histori/Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis.

                                                        

Apa Itu Desain Grafis ?


Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti merupakan suatu proses perancangan , langkah-langkah  atau perbuatan. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan objek yang akan nyata dibuat.
Contoh : Ketika suatu bangunan akan dibangun atau didirikan pastilah di buat suatu rancangan atau pendiskripsian dari objek bangunan yang akan dibangun tersebut (sketsa gambar) nah sketsa gambar itu merupakan sebagian kecil contoh dari suatu desain grafis.
Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Kemudian merujuk dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak..

Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis.

Di era sekarang ini design grafis sudah sangat popular dan bahkan hampir setiap kegiatan kita berhubungan dengan design grafis. Banyak tercipta para designer-designer grafis muda yang professional, karena pada dasarnya kunci utama design grafis adalah mempunyai banyak ide. Tapi tahukah anda sejarah awal mula design grafis? Dan tentunya kita perlu mempelajari perkembangan dan sejarah design grafis. Untuk itu pada kesempatan kali ini, awalmula.com akan mengutip sedikit perjalanan atau perkembangan dan sejarah design grafis dari tahun ke tahun hingga sampai saat ini, untuk menambah wawasan kita terutama dalam dunia design grafis. Seperti yang kita ketahui, kunci utama dalam design grafis adalah mempunyai banyak ide dan mampu menguasai beberapa software-software design grafis seperti desktop publishing, webdesign, audiovisual dan rendering 3 Dimensi.

Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena
gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.

Lambang/ aksara sebagai alat komunikasi diawali oleh bangsa Punesia (+ 1000 tahun SM), yang saat itu menggunakan bentuk 22 huruf. Kemudian disempurnakan oleh bangsa Yunani (+ 400 tahun SM) antara lain dengan mengubah 5 huruf menjadi huruf hidup. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama yang berhasil menaklukkan Yunani, membawa peradaban baru dalam sejarah Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet Latin yang dibawa dari Yunani. Pada awalnya bangsa Romawi menetapkan alfabet dari Yunani tersebut
menjadi 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudian huruf Y dan Z ditambahkan dalam alfabet Latin untuk mengakomodasi kata yang berasal dari bahasa Yunani. Tiga huruf tambahan J, U dan W dimasukkan pada abad pertengahan sehingga jumlah keseluruhan alfabet Latin menjadi 26. Ketika perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua, buku menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan. Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi lewat bentuk huruf ini karena ketipis-tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat dituliskan dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku.

Era Cetak.

Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa. Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.

Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan tehnik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan tehnik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Tehnik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”. Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.

Batasan Media Design Grafis.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Prinsip dan Unsur Design.

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek structural komposisi yang lebih luas.

Refrensi :

http://eliskey.student.umm.ac.id/2011/09/22/sejarah-design-grafis/

Senin, 18 Juni 2012

BMI (Body Mass Indeks)


BMI (Body Mass Indeks)
Aplikasi Penghitung Berat dan Tinggi Badan
           
BMI atau Body Mass Indeks yaitu suatu apikasi yang berguna untuk menghitung indeks berat dan tinggi badan seseorang. Jadi apabila seseorang ingin mengukur massa badannya secara perhitungan yang akurat apakah badan mereka ideal, kurus, atau gemuk bisa mencoba aplikasi ini. Cara kerja apalikasi ini yaitu dengan menerima inputan data tinggi dan berat badan seseorang, setelah itu program akan memproses inputan yang sudah diterima dan selanjutnya program pun akan menampilkan output.
            Contoh tampilan aplikasi :
 
Berdasarkan Output yang ditampilkan dapat disimpulkan bahwa. Kondisi ini Ideal yaitu dengan berat badan 154 lbs atau setara dengan 70 kilogram dan tinggi badan 70 inch atau setara dengan 170 cm, ini merupakan kondisi ideal dari tinggi dan berat tubuh manusia, artinya dalam kondisi ini seseorang itu baik-baik saja atau sehat, dan alangkah baiknya kalau kondisi tubuh seperti ini dapat di pertahankan. Untuk anda yang tertarik dengan aplikasi ini, silahkan anda dapat mendownloadnya di

http://www.mediafire.com/?kbdsifqfjmuj800

Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Dan saya ucapkan Terima Kasih karena telah berkunjung ke blog saya.

Senin, 05 Desember 2011

Cloud Computing



     Cloud Computing merupakkan suatu kemajuan dari teknologi computer  yang berhubungan dengan teknologi Internet beserta servernya yang  menggunakan remote server internet dan pusatnya untuk memelihara dan menyimpan data dan aplikasi atau berkas pribadi maupun segolongan kelompok dalam suatu databaseCloud computing yaitu juga merupakkan suatu pelayanan yang memungkinkan konsumen dan bisnisnya dapat untuk menggunakan aplikasi tanpa menginstalasinya dan mengakses file pribadi mereka di setiap komputer dengan yang terhubung dengan akses internet.Teknologi internet ini memungkinkan komputasi yang jauh menjadi lebih efisien dalam pentransferan data dengan memusatkan, memori, pengolahan penyimpanan, dan bandwidth sebagai contoh sederhana dari komputasi awan yaitu seperti email Yahoo, Gmail, atau Hotmail dll Anda tidak membutuhkan software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen hanya membutuhkan koneksi akses internet dan Anda dapat mulai mengirim email dengan layanan yahoo, google atau yang lainnya. Server dan perangkat lunak manajemen email adalah semua yang di atas awan (internet) dan benar-benar dikelola oleh penyedia layanan awan Ya, Google, Yahoo dll konsumen bisa menggunakan perangkat lunak sendirian dan menikmati manfaatnya. Pengertian ini seperti , ' Jika Anda membutuhkan susu, Anda akan membeli sapi? " Semua pengguna atau konsumen yang membutuhkan susu secara otomatis akan membutuhkan anda karena anda yang mempunyai sapinya, untuk mendapatkan manfaatnya, dan  sebagai   perangkat lunak atau perangkat keras komputer lainnya seperti untuk mengirim email dll pasti membutuhkan software pencari layaknya google atau yahoo sebagai penyedia layanan dan diibaratkan seperti sapi, dan manfaat dari google itu seperti susunya.
Awan komputasi dipecah menjadi tiga segmen yaitu : "Aplikasi", "Penyimpanan", dan "Konektivitas" Setiap segmen memiliki tujuan yang berbeda-beda dan menawarkan produk yang berbeda pula untuk bisnis dan individu di seluruh dunia. Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaSWeb 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum  yang dapat diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan diserver. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Kesimpulan…!
       Jadi seperti pengertian diatas yang telah di jelaskan yaitu mengenai cloud computing atau komputer awan yaitu merupakkan suatu kemajuan teknologi Informasi dan komunikasi pada computer dengan memanfaatkan teknologi internet yang memudahkan konsumen untuk menikmati layannan Internet tanpa harus repot-repot menginstal aplikasi sebagai alat untuk berfantasi didunia maya tersebut, konsumen dengan mudah dapat mengakses datanya yang telah tersedia diserver. Sebagai contoh dari Cloud Computing yaitu Google Apps yang menyediakan aplikasi bisnis dan dapat diakses melalui suatu penjelajahan web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Dan Perkembangan dari Komputasi awan ini menjadi tren teknologi baru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

Referensihttp://cdn.wikinvest.com/i/px.gif
1.      1.   Cloud Kebingungan antara IT Professionals . VersionOne (6 Juni 2011).
2.      2.    Bisnis Adopsi Cloud Computing . AberdeenGroup (9 September 2011).
http://www.nvadn.com/track/im?bannerid=602&campaignid=275&zoneid=17&loc=1&referer=http%3A%2F%2Fwww.wikinvest.com%2Fconcept%2Fcloud_computing&cb=ffaef83b6d
§                     Cloud Computing Komunitas Terbesar Cloud Computing
§                     LinkedIn Grup Cloud Computing Cloud Computing Group LinkedIn Gambar: Linkedin.jpg
§                     Grup Google Cloud Computing Diskusi Diskusi Google Groups
§                     Sebuah halaman web pelacakan perusahaan Cloud Computing dan investasi peluang Berita Cloud Computing
§                     Ini adalah video yang menjelaskan jelas Cloud Computing Cloud Computing Apa itu?
§                     Sebuah video tentang bagaimana Cloud Computing akan memungkinkan kita untuk bekerja di masa depan Cloud Computing
§                     Satu set artikel tentang Cloud Computing Cloud Computing ikhtisar
§                     Cloud Bertanggung Jawab
§                     Awan di 2025: Sebuah Latihan Dalam futurologi
§                     Apa itu? | Masalah keamanan | Compliance | Prons & Cons | ...
§                     Software sebagai Service - Model SaaS penjelasan
Sebuah webinar meringkas hasil penelitian asli pada dunia nyata dan praktik terbaik untuk Cloud Computing teks Bold 'teks Miring



Jumat, 14 Oktober 2011

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet


Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Pengertian INTERNET

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antar jaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering kita temukan misalnya LAN (Local Area Network) yang menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.

Gambaran sederhananya seperti ini: beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Nah, bila sejumlah network (jaringan komputer) kemudian digabung dan dihubung-hubungkan lagi maka jadilah Internet.

Jadi pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus (inilah yang sering terpakai dan yang dimaksud dalam pembahasan ini) adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.

Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kita bisa mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer kita dengan komputer servernya. Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial-up) dengan menggunakan peralatan modem. Lewat komputer server yang dimiliki oleh ISP itulah kita bisa terhubung dengan jaringan komputer sedunia (internet). 

Pentingnya Internet Untuk Kita……

          Lima Belas tahun yang lalu Anda mungkin tidak mengenal dan membutuhkan teknologi Internet. Tetapi Sekarang, seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, bisnis, informasi, dan lain sebagainya, penguasaan Internet adalah suatu kewajiban. Pesaing-pesaing Anda dalam berbisnis maupun bekerja sudah menggunakan teknologi internet untuk meningkatkan kualitas pekerjaan dan bisnis yang dilakukannya. Beberapa Perusahaan/ pribadi bahkan sudah menggunakan situs Internet sebagai sarana utama untuk memperkenalkan produknya.
          Hampir semua perusahaan besar sudah mengkoneksikan komputernya dengan jaringan Internet, begitu pula beberapa Instansi pemerintah pun sudah mulai memakainya. Sekarang tinggal bagaimana sumber daya manusia yang memadai bisa memanfaatkan fasilitas ini. Terkadang untuk belajar dari awal sangatlah tidak menyenagkan. Tetapi dengan adanya keinginan untuk maju, niscaya Anda pun bisa. Hari ini sepuluh orang di kantor Anda tidak bisa menggunakan Internet, mungkin besok hanya Anda yang tidak bisa menggunakannya.

Internet Dibidang Pendidikan……..
3. Komputer, Internet untuk Pendidikan
Pemanfaatan Internet, dalam dunia pendidikan, dapat digunakan pihak siswa dan guru untuk dua hal:
Pertama, pemakaian internet untuk kepentingan administrasi dan manajemen pendidikan, di tiap sekolah, dan secara nasional. Manajemen data pendidikan bisa dilakukan secara berangkai, terhubung dalam satu sistem komunikasi dua arah, mulai dari kantor Departemen Pendidikan, dinas propinsi, kabupaten kota, sampai ke masing-masing sekolah, dan sebaliknya. Dengan begitu, administrasi pendidikan yang mencakup lalulintas informasi pendidikan bisa dilaksanakan dengan mudah, lancar, cepat, dan lebih murah.
Kedua, penggunaan internet untuk ( alat pembelajaran) dan atau sumber belajar. Negara kita termasuk yang tertinggal dalam Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Bahkan, kita terbelakang dalam Pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan pemakaian komputer non internet, sekalipun. Padahal, komputer telah cukup lama dan cukup banyak tersebar di sekolah, dan di tengah masyarakat. Di berbagai kota kecamatan, sudah sangat banyak ditemukan toko, (usaha) sewa komputer. Semua perangkat teknologinya sudah tersedia, namun kita lemah dalam Pemanfaatan.
Kata ‘pendidikan’, biasanya, diasosiasikan dengan orang dewasa, yaitu: tenaga kependidikan dan guru. Sementara, kata ‘belajar‘ dikaitkan dengan siswa. Mendidik adalah usaha sadar yang semestinya dilakukan oleh orang yang telah terdidik kepada anak didik.
Agar pendidikan atau pembelajaran efektif; sebaiknya, siswa juga melakukan pembelajaran secara sadar. Anak muda diharapkan mau mempelajari apa-apa yang bernilai pendidikan. Namun pada kenyataannya, anak muda biasanya hanya akan mempelajari apa yang disukainya saja. Yang kurang disukainya tidak akan mereka pelajari, betapapun pentingnya objek itu menurut pandangan orang terdidik. Hal yang positif dari produk teknologi, adalah, siswa menyukainya. Siswa dengan mudah mengenal dan mengoperasikan peralatan teknologi. Tugas guru menjadi terbantu, karena mereka cukup memberikan arahan dari segi content, isi situs pendidikan saja.
Kesimpulan………!!!!!!
Jadi Internet dapat digunakan untuk berbagai bidang, seputar kehidupan sehari-hari kita, disamping dibidang pendidikan Internet juga mempunyai kelibihan-kelebihan yang lain di bidang kesehatan, pertahanan, komunikasi, pekerjaan dan lain sebagainya jadi pada dasarnya Internet merupakkan suatu hal yang merubah gaya hidup (lifestyle) yang sebelumnya tidak seperti ini sebelum adanya Internet. Contoh nyata dari kebutuhan manusia dalam menggunakkan teknologi    Internet adalah sebagai berikut :

€      Pelajar Atau Mahasiswa,
Sekarang pelajar dan mahasiswa tidak hanya menggunakkan buku     sebagai tinjauan pustakanya dalam membuat suatu tugas. Dengan bantuan Internet cukup dengan memasukkan kata kunci pada kotak search engine di Yahoo atau Google, maka bahan atau materi yang dicari tinggal anda salin atau terjemahkan.
      Perusahaan, semua perusahaan besar memiliki situs internet sebagai sarana untuk memperkenalkan produk-produknya. Dan hal ini merupakan suatu ajang promosi yang murah dan sangat efektif dalam usaha menjual produk mereka.
€      Pencari Kerja, banyak situs yang menawarkan lowongan kerja di dalam Internet. Contohnya, situs iklan.com, iklanmini.com, lowongankerja.com, dan lain-lain.
€      Musisi atau Pemusik, Banyak situs yang menjual lagu-lagu yang sulit di dapatkan di Indonesia. Penjualan dengan system download  memudakan para musisi untuk mendapatkan lagu yang mereka inginkan, lebih cepat dari pada harus menunggu dirilis di Indonesia.
€      Komunitas hobi, hobi anda bisa lebih tersalurkan dengan membentuk suatu forum diskusi mengenai hobi yang digemari. Contohnya komunitas Penggemar ikan, Anda bisa memasuki banyak situs komunitas ini melalui Friendster.com, Yahoo Messengger, Facebook ataupun mIRC. Didalam situs-situs tersebut anda bisa berkomunikasi mengenai hobi yang sama tanpa harus bertatap muka dengan yang bersangkutan.